Aplikasi E-SP2D

Project Info:

Aplikasi Monitoring Surat Perintah Pencairan Dana

aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu melakukan monitoring berkas surat perintah membayar secara digital / elektronik di KPKD - Kantor Perbendaharaan  Dan Kas Daerah  . Proses yang akan diterapkan pada aplikasi ini tidak akan jauh berbeda dengan proses manual yang telah dilakukan sebelum adanya aplikasi ini. Dengan penerapan yang baik kami yakin aplikasi ini akan sangat membantu di dalam kecepatan  mengakses  informasi  dan  data  yang  diperlukan  setiap  hari.  Kemajuan  Teknologi  Informasi memungkinkan sebuah piranti aplikasi layanan masyarakat bisa berjalan secara digital tanpa menggunakan kertas dan sejenisnya, bahkan aplikasi ini dapat diakses dengan mudah secara mobile ( bergerak ) melalui smartphone maupun Tablet PC yang terkoneksi dengan jaringan local hanya dengan menggunakan sebuah web browser.

Berikut fitur-fitur yang ada di dalam E-SP2D :

1.  Transaksi

Fitur Transaksi adalah fitur yang digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi yang terjadi di dalam kegiatan disposisi surat perintah membayar di instansi terkait, seperti :

(1) Loket KPKD

 

Isi dari loket KPKD adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke loket, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal Selesai (otomatis apabila SP2D sudah selesai), serta checklist yang dilakukan oleh loket berdasarkan persyaratan dokumen SPM yang harus dipenuhi oleh pemohon.

(2) Pelaksana

Isi dari Pelaksana adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke pelaksana, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal Selesai (otomatis apabila SP2D sudah selesai), serta checklist yang dilakukan oleh pelaksana berdasarkan persyaratan SPM yang harus dipenuhi oleh pemohon.

(3) Kasubid Pengeluaran

Isi dari Kasubid Pengeluaran adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke kasubid pengeluaran, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal Selesai (otomatis apabila SP2D sudah selesai), serta checklist yang dilakukan oleh kasubid pengeluaran berdasarkan persyaratan SPM yang harus dipenuhi oleh pemohon.

(4) Bagian Cetak Potongan (Kas Bank)

 

Isi dari Bagian Cetak Potongan adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian cetak potongan, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal Selesai (otomatis apabila SP2D sudah selesai), serta checklist yang dilakukan oleh bagian c etak potongan berdasarkan persyaratan SPM yang harus dipenuhi oleh pemohon.

(5) Cetak SP2D (Perbendaharan)

Isi dari Cetak SP2D adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian cetak SP2D, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, Penerbitan No. SP2D dan Tanggal SP2D.

(6) Paraf SP2D (Kasubid Pengeluaran)

Isi dari Paraf SP2D adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian Paraf SP2D Kasubid Pengeluaran, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal SP2D serta approval yang dilakukan oleh Kasubid Pengeluaran.

(7) Paraf SP2D (Kasubid Kas Bank)

 

Isi dari Paraf SP2D adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian Paraf SP2D Kasubid Kas Bank, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal SP2D serta approval yang dilakukan oleh Kasubid Kas Bank.

(8) TTD SP2D (Ka. KPKD)

Isi dari TTD SP2D adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian TTD SP2D Kepala KPKD, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal SP2D serta approval yang dilakukan oleh Kepala KPKD.

(9) Validasi (Kas Bank)

Isi dari Validasi SP2D adalah seperti : No. SPM, Tanggal SPM, Tanggal Masuk ke bagian Validasi Kas Bank, Asal SKPD/UKPD, Pelaksana, Kategori SPM, Peruntukan, Keterangan, No. SP2D dan Tanggal SP2D serta approval yang dilakukan oleh bagian validasi kas bank.

2.  Pengaturan

Fitur Pengaturan disediakan untuk melakukan pengaturan aplikasi e-sp2d, seperti :

(1)       Daftar Pelaksana

Fitur daftar pelaksana adalah fitur yang digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus data pelaksana, yang meliputi : Nama Pelaksana, NIP dan Golongan. Dengan begitu system akan menjadi lebih dinamis dan dapat selalu mengikuti apabila terjadi perubahan struktur organisasi yang menyangkut pelaksana. Daftar pelaksana ini akan menjadi bagian dari proses input data SPM.

(2)       Daftar SKPD / UKPD

Fitur  daftar  SKPD/UKPD  adalah  fitur  yang  digunakan  untuk  menambah,  mengubah  dan menghapus data SKPD/UKPD, yang meliputi : Nama SKPD/UKPD dan Nama Pelaksana. Dengan begitu system akan menjadi lebih dinamis dan dapat selalu mengikuti apabila terjadi perubahan asal SKPD/UKPD. Daftar SKPD/UKPD ini akan menjadi bagian dari proses input data SPM.

(3)      Daftar Kategori SPM

 

Fitur  daftar  kategori  SPM  adalah  fitur  yang  digunakan  untuk  menambah,  mengubah  dan menghapus data kategori SPM. Dengan begitu system akan menjadi lebih dinamis dan dapat selalu mengikuti apabila terjadi perubahan kategori SPM. Daftar kategori SPM ini akan menjadi bagian dari proses input data SPM dan menjadi filter untuk menentukan checklist persyaratan SPM.

(4)       Daftar Persyaratan SPM

Fitur daftar persyaratan SPM  adalah fitur yang digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus data persyaratan SPM, yang meliputi : Persyaratan SPM dan Kategori SPM. Dengan begitu system akan menjadi lebih dinamis dan dapat selalu mengikuti apabila terjadi perubahan persyaratan SPM. Daftar Persyaratan SPM ini akan menjadi bagian dari proses input data SPM sebagai daftar checklist sesuai dengan kategori SPM yang dipilih.

(5)       Jabatan / Level Pengguna

Fitur daftar jabatan / level pengguna adalah fitur yang digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus data jabatan / level pengguna, yang meliputi : jabatan / level pengguna dan Keterangan. Dengan begitu system akan menjadi lebih dinamis dan dapat selalu mengikuti apabila terjadi perubahan struktur organisasi yang menyangkut pengguna.

(6)       Manajemen Pengguna

Fitur manajemen pengguna adalah fitur yang digunakan untuk menambahkan dan mengubah data pengguna aplikasi E-SP2D. Bagian dari manajemen pengguna adalah : Nama Pengguna, Nama Lengkap, NIP, E-Mail, dan Jabatan / Level Pengguna. Tidak ada batasan jumlah pengguna di system ini.

(7)       Ubah Password

Fitur ubah password adalah fitur yang digunakan untuk merubah password dari masing-masing pengguna sebagai bagian dari proses menjaga keamanan dan privasinya.

(8)       Download Buku Panduan

Fitur download buku panduan adalah fitur yang digunakan untuk mendownload buku panduan ini apabila anda membutuhkannya.

Harga : $ 15.000

 

 

More Services: